Ulasan 2: Open Source Explained in Lego

Have you ever wondered - What is open source?


Tulisan ini merupakan ulasan terhadap video yang diungah oleh  kanal YouTube SocialSquare berjudul "What is Open Source explained in LEGO" yang dapat diakses melalui tautan berikut: https://youtu.be/a8fHgx9mE5U. Video yang berdurasi 4 menit 40 detik ini diunggah pada 7 Maret 2014 dan sudah ditonton setidaknya sebanyak 168.059 kali pada saat ulasan ini ditulis.

Video ini merupakan sebuah video animasi stop motion yang mencoba menjelaskan hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang open source. Narator pada video ini memperkenalkan diri sebagai Jonas. Jonas memulai penjelasannya dengan memetaforakan open source sebagai resep makanan yang dapat digunakan oleh siapapun. Kemudian Jonas mulai menjelaskan apa itu open source dengan urutan seperti berikut: sejarah open source, keuntungan open source, lalu menjelaskan open source menggunakan contoh yang tidak ada kaitannya dengan perangkat lunak seperti komunitas skateboard dan sepasang suami istri yang hendak membangun rumah impian. Di akhir video, Jonas mematahkan beberapa mitos yang sama sekali tidak benar tentang open source.

Menurut Saya, video ini sangat brilian. Menjelaskan apa itu open source menggunakan mainan Lego yang dikemas dalam animasi stop motion adalah sebuah ide yang out-of-the-box. Kerangka skrip video ini pun sangat jelas dan teratur. Penonton dibuat tidak kehilangan fokus dan terus tertarik menonton video ini sampai selesai. Contoh-contoh yang digunakan oleh pembuat video ini juga sangat relatable dengan penonton, sehingga penonton tak perlu mengernyitkan dahi untuk memahami maksud dari video ini. Saya yakin penonton dengan latar belakang pendidikan apa pun dapat memahami istilah open source dengan sangat mudah.

Github Account : hardlexander
URL Ulasan: http://hardlexander.blogspot.com/2017/05/ulasan-2-open-source-explained-in-lego.html
URL Video : https://youtu.be/a8fHgx9mE5U
Video Author : SocialSquare
Pemetaan: week01
Revisi Pertama: 23 May 2017
Revisi Terakhir: 23 May 2017 

Komentar

Postingan Populer